Text
PERSEPSI SISWA TERHADAP TEKNIK UMPAN BALIK REKAN PADA KEGIATAN MENULIS : SEBUAH STUDI KASUS DI KELAS ELEMENTARY 3 LBPP-LIA DEPOK
XML
Menulis merupakan salah satu kegiatan yang dianggap ‘menantang’ bagi siswa dan guru kelas, baik di lingkungan sekolah maupun lembaga kursus., utamanya pada pendidikan di tingkat menengah. Peraasan bingung, enggan bahkan tidak peduli mungkin adalah ekspresi yang umumnya tergambar sebagai respon para siswa ketika sang guru mengembalikan tugas-tugas menulis mereka. Apakah hal–hal yang menyebabkan kondisi sedemikian rupa? Adakah hal tersebut merupakan sesuatu yang berhubungan dengan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, semisal dalam proses pemeriksaan tugas? Beberapa studi terdahulu mengusulkan bahwa melibatkan para siswa dalam proses pemeriksaan apat memperikan dampak positif kepada mereka. Untuk itulah, saya merencanakan untuk melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap proses umpan balik rekan dalam melakukan kegiatan menulis. Kegiatan umpan balik rekan ini akan dilakukan melalui kelas virtual, di mana para siswa dapat merasa lebih santai dalam memberikan tanggapan karena mereka dapat melakukannya di mana saja, kapan saja, jauh dari adanya tekanan kehadiran sang guru maupun siswa lainnya. Para siswa akan diminta memberikan komentar mereka terhadap hasil tugas yang dikerjakan teman-teman lainnya, dengan melihat beberapa kesesuaian aspek seperti kosa kata, tata bahasa yang diajarkan serta isi materi dari produk penulisan tersebut.
Detail Information
Item Type |
Penelitian Dosen
|
---|---|
Pemilik/Penulis/Pencipta |
Dyah Utami Dewi, S.Pd., M.Hum - Personal Name
|
NIDN/No Anggota | |
supervisor atau Pembimbing | |
Pemeriksa atau Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Prodi/Fakultas | |
Kontributor/Anggota Penulis | |
Bahasa | |
Penerbit atau Lembaga Publikasi | : ., |
Edisi | |
Subject(s)/Kata Kunci | |
No dokumen | |
Copyright | |
Doi |